Berita

“Bersama Fotografer Adhitya Himawan, TULUS Gelar Pameran Foto ‘Manusia Kuat'” di www.rollingstone.co.id

30 Mei 2017

Berlokasi di Dia.lo.Gue Artspace, Kemang sejak 23 Mei hingga 5 Juni mendatang.

Tak cukup berkolaborasi dengan lima puluh musisi serta sejumlah seniman dari teater boneka Papermoon Puppet, solois ternama TULUS kini menambah daftar satu nama lagi sebagai kolaborator dalam single terbarunya, “Manusia Kuat”.

Adalah fotografer Adhitya Himawan yang kali ini diajak bekerja sama dalam menggelar pameran fotografi bertajuk “Manusia Kuat”. Diadakan sejak Selasa (23/5) lalu hingga Senin (5/6) mendatang di Dia.lo.Gue Artspace, Kemang, Jakarta Selatan, pameran ini memamerkan foto-foto berformat potret yang secara khusus menangkap personalitas subyek foto menggunakan teknik fotografi khusus.

Foto-foto yang dipamerkan memotret sosok-sosok lintas bidang yang diakui TULUS, berdasarkan riset yang dilakukan dan ditemuinya, merupakan sosok manusia kuat.

“Mungkin selama ini teman-teman banyak yang nggak tahu, bahwa semua produk saya yang teman-teman temui di pasar itu, mulai dari sampul album sampai beberapa poster acara itu karyanya Adhit. Sampul album bahkan dari album pertama hingga ketiga,” ungkap TULUS saat diwawancara di kantor Rolling Stone belum lama ini, seraya memperkenalkan kolaboratornya.

Ditanya soal tujuan apa yang ingin dicapai dengan mengadakan pameran fotografi ini, TULUS menjawab sederhana bahwa tujuannya sama, ingin menyampaikan pesan bahwa musik tak selalu berkolaborasi dengan sesama musik saja. Melainkan juga seni lintas bidang.

“Pesannya pun sama. Ini ada TULUS yang seorang penulis lagu dan seorang penyanyi yang sedikit banyak sudah punya pasar, berkolaborasi dengan Adhitya Himawan seorang fotografer. Ini sama seperti dengan apa yang dilakukan dengan Papermoon, dengan Melati Suryodarmo bahwa musik itu bisa berkolaborasi dengan disiplin seni yang lain. Seni itu tidak terkotak-kotakkan,” jelas TULUS panjang lebar.

Tak hanya menjadi penyanyi dan pencipta lagu yang karyanya dijadikan acuan tema dalam pameran tersebut, TULUS pun turut mengisi konten di setiap foto sosok masing-masing. Dirinya melakukan wawancara dan menulisnya sendiri dalam bentuk narasi panjang, menceritakan profil dari masing-masing sosok.

Total terdapat tiga belas sosok, dimana beberapa di antaranya adalah Maria Tri Sulistyani, pendiri Papermoon Puppet Theater, Muhamad Alfatih Timur, pencipta situs kitabisa.com, Butet Manurung, pendiri Sokola Rimba, Pratiwi Sudarmono, astronot wanita pertama Indonesia, hingga jurnalis berita televisi, Najwa Shihab.

Pameran foto “Manusia Kuat” ini lantas menjadi kolaborasi lintas bidang seni terkini yang ditawarkan dari album ketiga Tulus, Monokrom. Sebelumnya TULUS berkolaborasi dengan seni pertunjukan teater bersama Papermoon Puppet Theater, lalu bersama seniman Melati Suryodarmo lewat lagu “Ruang Sendiri”, Tulus memadukan seni musik dengan seni pertunjukan.

** Sumber : http://www.rollingstone.co.id/article/read/2017/05/30/140512988/1210010202/bersama-fotografer-adhitya-himawan-tulus-gelar-pameran-foto-manusia-kuat-?src=bre (Diakses pada 30 Mei 2017, pukul 13.57)