Berita

“6 Hal Menarik dalam Konser Monokrom TULUS” di Kompas.com

07 Feb 2019

Konser Monokrom TULUS sukses digelar di Istora Senayan, Jakarta Pusat, Rabu (6/2/2019) malam. Dalam pertunjukan musik tersebut, TULUS berhasil membius penggemar lewat penampilan memukaunya selama sekitar 2,5 jam dengan membawakan 25 lagu. Kompas.com pun mencoba merangkum beberapa hal menarik yang tersaji dalam Konser Monokrom TULUS, berikut daftarnya:

1. Konsep panggung

Dalam konser tersebut, TULUS menyajikan konsep panggung yang simpel, intim, namun terkonsep dengan baik. Meski begitu, panggung dengan empat pilar serta layar memanjang yang memutar rekaman video dengan konsep hitam-putih tetap menimbulkan kesan megah. Wiyoga Nurdiansyah adalah kreator tata panggung yang dipercaya mengatur itu semua.

2. Lagu Minang

Tak hanya menyanyikan lagu miliknya, TULUS juga membawakan beberapa lagu khas Tanah Minang, Sumatera Barat, sebagai bentuk kecintaan pada kampung halamannya. Beberapa lagu Minang yang dinyanyikan TULUS adalah “Babendi-bendi”, “Mudiak Arau”, “Tak Tong Tong”, dan “Dindin Badindin”.

3. Atraksi visual

TULUS menampilkan pula atraksi visual dari Pappermoon Puppet Theater asal Yogyakarta yang berwujud boneka besar berwajah sendu dan digerakkan tiga orang. Atraksi itu diambil dari sentuhan rasa yang termuat dalam album “Monokrom”. Boneka berukuran 2,5 meter yang menemani TULUS di panggung menyimpan makna bahwa TULUS mengenang sosok kakek dan neneknya yang telah tiada.

4. Meminta penonton diam

Di tengah-tengah penampilan, TULUS sempat meminta penonton diam. Hal itu, ia lakukan sebelum menyanyikan lagu “Langit Abu-abu”, agar pesan dari tembang tersebut bisa tersampaikan dengan baik.

5. Lebih dekat dengan penonton

Sebagai bentuk kedekatan dengan para penggemar, TULUS menyajikan panggung yang memberinya akses untuk bisa mengelilingi area konser. Hal itu TULUS lakukan agar bisa menyapa dan berinteraksi lebih dekat dengan sekitar empat ribu lebih penonton yang hadir.

6. Mengajak keluarga

Sebagai bentuk terima kasih sekaligus apresiasi, TULUS turut serta mengajak keluarganya, mulai dari orangtua hingga saudara kandungnya untuk menyaksikan konser tersebut. TULUS juga turut melibatkan Riri Muktamar, kakak kandungnya yang merupakan produser dari ketiga album milik TULUS.

 

#DokumentasiTULUS oleh Claudia Dian

**Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul “6 Hal Menarik dalam Konser Monokrom TULUS”, https://entertainment.kompas.com/read/2019/02/07/073000710/6-hal-menarik-dalam-konser-monokrom-tulus?utm_campaign=Dlvrit&utm_source=Twitter&utm_medium=Social.