Berita

Donasi untuk Bantu Guru Belajar Lagi Mencapai 200 Juta Rupiah

03 Nov 2017

Setelah program Bantu Guru Belajar Lagi berjalan selama beberapa bulan, total donasi yang telah terkumpul adalah sebesar Rp. 222.010.679,-

Donasi ini akan digunakan sepenuhnya untuk penyelenggaraan pelatihan dan pendampingan guru di Sumur Batu, Bantar Gebang oleh Kampus Guru Cikal. Telah dilakukan serah terima dana sebesar 100 Juta rupiah dari Bantu Guru Belajar Lagi kepada Yayasan Guru Belajar untuk pelaksanaan pelatihan dan pendampingan tahun pertama.

Terdapat 2 kegiatan yang telah diselenggarakan hingga saat ini, yaitu kelas pertama pelatihan untuk para guru pada Sabtu (23/9) di Bekasi dan partisipasi 9 wakil Bantu Guru Belajar Lagi di Temu Pendidik Nusantara pada Sabtu (19/10) di Jakarta.

Kegiatan pertama yang diadakan di kantor Kelurahan Sumur Batu, Bekasi, bertujuan untuk menggali masalah umum yang banyak dihadapi oleh guru-guru. Terdapat tiga masalah utama yang disepakati bersama yaitu: kemandirian anak, minat baca anak, dan keterlibatan orang tua dalam pendidikan anak.

Kegiatan kedua adalah keikursertaan 6 orang guru dan 3 orang pengurus dari Bantu Guru Belajar Lagi dalam kegiatan Temu Pendidik Nusantara yang diselenggarakan oleh Kampus Guru Cikal di Ragunan, Jakarta. Kesembilan orang yang mewakili Bantu Guru Belajar Lagi ini, berhasil mendapatkan beasiswa untuk mengikuti kelas-kelas peningkatan kapasitasi guru lewat pengetahuan dan pengalaman rekan-rekan guru lain.

Banyak hal yang dapat diperoleh dari Temu Pendidik Nusantara, baik dari segi teknik mengajar di dalam kelas, filosofi-filosofi pendidikan baru yang mengubah paradigma, serta yang terpenting menambah teman-teman guru baru yang memiliki semangat yang sama untuk belajar dan mengembangkan pendidikan di Indonesia.