Berita

“Pesan Syahdu di Balik Boneka Setinggi 2,5 Meter dalam Konser TULUS” di Kompas.com

11 Feb 2019

Sebuah boneka berukuran besar menjadi ‘bintang tamu’ dalam konser Tulus yang bertajuk Monokrom di Istora Senayan, Jakarta Pusat, Rabu (6/2/2019) malam. Boneka yang kurang lebih berukuran sekitar 2,5 meter itu menarik perhatian ribuan penonton yang hadir.

Kehadirannya merupakan bagian dari atraksi visual Pappermoon Puppet Theater dari Yogyakarta. Menjawab rasa penasaran penonton, Tulus menjelaskan makna di balik boneka yang tampil saat lagu “Monokrom” dan “Teman Hidup” dilantunkan.

“Perkenalkan (boneka) ini (namanya) Aba. Kenapa Aba? karena Aba adalah salah satu sosok yang tak pernah saya temui karena ia meninggal sebelum saya lahir,” ucap Tulus di hadapan penggemarnya.

“Panggilan kakek dalam bahasa Minang itu banyak, salah satunya kakek, saya sangat merindukan sosok kakek dan nenek (yang telah tiada). Tapi saya yakin, mereka malam ini melihat saya,” lanjutnya yang membuat penonton terenyuh.

Pemandangan syahdu juga terlihat ketika di tengah lagu “Teman Hidup”, Tulus dan boneka besarnya itu berinteraksi.

Si boneka yang digerakkan tiga orang tersebut merangkul Tulus lalu memeluknya seakan dengan kasih sayang. Gemuruh suara penonton membahana tatkala melihat momen itu.

“Lagu ‘Teman Hidup’ ini saya nyanyikan buat teman-teman semua dan berharap setiap kali mendengarkan lagu ini, teman-teman tidak boleh lagi ada yang merasa kesepian, sendirian. Selalu ada yang sayang dan memperhatikan kalian, ketemu atau tidak ketemu,” kata Tulus yang disambut riuh sorakan penonton.

Setelah itu, Tulus kembali melanjutkan penampilannya dengan lagu “Sepatu”.

 

#DokumentasiTULUS oleh Claudia Dian

**Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul “Pesan Syahdu di Balik Boneka Setinggi 2,5 Meter dalam Konser TULUS”, https://entertainment.kompas.com/read/2019/02/07/053000910/pesan-syahdu-di-balik-boneka-setinggi-2-5-meter-dalam-konser-tulus