Berita

“TULUS Sumbang Kalung Satelit GPS untuk Gajah Sumatera di Aceh” di Kumparan.com

11 Okt 2019

Peraih penghargaan album terbaik pada Anugerah Musik Indonesia (AMI) tahun 2019, TULUS, sengaja berkunjung ke Aceh untuk melihat langsung konservasi gajah Sumatera di Aceh. Dalam kunjungannya ke Aceh, penggagas gerakan Teman Gajah TULUS ini memberikan satu unit kalung satelit GPS (Global Positioning System) yang berfungsi sebagai pendeteksi lokasi gajah-gajah liar.

TULUS menyerahkan satu unit GPC Satellite Collar yang diterima oleh Koordinator Spesies WWF Indonesia Kantor Program Banda Aceh, Azhar, di Museum Aceh, Banda Aceh, Kamis (10/10). Sebelumnya Tulus selama dua hari datang langsung ke Karang Ampar dan Bergang di Kabupaten Aceh Tengah melihat langsung jalur migrasi rutin gajah Sumatera.

“Aceh saat ini baru satu, totalnya sudah ada enam GPS dan itu semua pengadaannya murni dari penggalangan dana gerakan Teman Gajah Tulus,” ujar TULUS.

Menurutnya, pemasangan kalung saletit GPS pada gajah liar akan dapat mengawasi pergerakan gajah liar di daerah-daerah yang berkonflik dengan gajah, sehingga dampak konflik bisa diminimalisir. Kehadiran gerakan Teman Gajah mencoba untuk terus berkonstribusi agar kondisi tersebut menjadi lebih baik.

“Gerakan Teman Gajah Tulus memberikan perhatian kepada gajah Sumatera pada umumnya. Menurut saya yang ada di Aceh ini bisa dijadikan contoh yang baik. untuk itu satu dari 6 unit GPS yang sudah bisa kita adakan diinstal di sini,” ujar inisiator Teman Gajah.

Sementara itu, Azhar menyebut kalung satelit GPS yang disumbangkan TULUS, akan diserahkan kepada Balai Konservasi Sumber Daya Alam (BKSDA) Aceh untuk dipasangkan pada gajah Sumatera yang ditentukan nanti.

Azhar menyatakan populasi gajah di Aceh terbanyak di Sumatera. “Populasinya 336. Jadi inilah harapan-harapan terakhir untuk gajah Sumatera, populasi terbesar ada di sini. Apresiasi untuk TULUS ikut serta kampanye gajah Sumatera yang terbesar ada di Aceh,” ujarnya.

 

Sumber : https://kumparan.com/acehkini/tulus-sumbang-kalung-satelit-gps-untuk-gajah-sumatera-di-aceh-1s1ssjROTTp